Media pembelajaran merupakan komponen intruksional
yang melliputi pesan, orang, dan peralatan. Menurut syaifulbahri djamarah dan aswan zain,media merupakan
wahana penyalur informasi belajar atau informasi pesan. Dalam perkembangannya
media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Berdasarkan perkembangan
teknologi tersebut, media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok
yaitu:
1.
Media
Hasil teknologi
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau
menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui
prosespercetakan mekanisatau photografis. Kelompok media hasil teknologi cetak
antara lain: teks, grafik, foto atau representasi fotografik. Karakteristik
media hasil cetak:
a)
Teks dibaca secara linear.
b)
Menampilkan komonikasi secarasatu arah dan reseptif.
c)
Ditampilkan secara statis atau diam.
d)
Pengembangannya sangat tergantung kepada
prinsip-prinsip pembahasan .
e)
Berorientasi atau berpusat pada siswa.
Pendekatan yang berorientasi pada siswa adalah
pendekatan dalam belajar yang ditekankan pada ciri-ciri dan kebutuhan siswa
secara individual. Sedang lembaga pendidikan dan para pengajar berfungsi dan
berperan sebagai penunjang saja. Sistem pendekatan yang berorientasi pada siswa
ini didesainsedemikian rupa. Sehingga siswa dapat belajardengan sistem yang
luwes yang diarahkan agar siswa dapat membenntuk gaya belajarnya masingmasing. Dalam hal ini
guru dan lembaga berperan sebagai penunjang, fasilitator dan semangat pada
siswa yang sedangbelajar.
f)
Informasi dapat diatur atau ditata ulang oleh pemakai.
2.
Media
hasil teknologi audio-visual
Teknologi audi-visual cara menyampaikan materi dengan
menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan
audio-visual
penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses pembelajaran, seperti , mesin proyektor film, tape rekorder, proyektor visual yang lebar. Karakteristik:
penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses pembelajaran, seperti , mesin proyektor film, tape rekorder, proyektor visual yang lebar. Karakteristik:
a)
Bersifat linear.
b)
Menyajikan visual yang dinamis.
c)
Digunakan dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya
oleh perancang.
d)
Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau
abstrak.
e)
Dikembangkan menurut prinsip psikologis behafiorisme
dan kognitif.
f)
Berorientasi pada guru.
Pendekatan yang berorientasi pada guru atau lembaga adalah sistem pendidikan yang konfensional dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan penuh oleh para guru dan staf lembaga penndidikan. Dalam sistemini guru mengkomunikasikan pengethuannya kepada siswa dalam bentuk pokok bahasan dalam beberapa macam bentuk silabus. Biasanya pembalajaran berlangsung dan selesai dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan metode mengajar yang dipakai tidak beragam bentuknya, biasanya menggunakan metode ceramah dengan pertemuan tatap muka (face to face).
3.
Media
Hasil Teknologi Yang Berdasarkan Computer
Teknologi berbasis
computer merupakan cara menghasilka atau menyampaikanmateri dengan menggunakan
sumber-suber yang berbasis micro-prosesor.
Berbagai aplikasi teknologi berbasiskomputer
dalam pembelajaran ummumnya dikenalsebagai computer assisted instruction.
Aplikasi tersebut apabila dilihat dari cara penyajiandan tujuan yang ingin
dicapai melipiti tutorial,penyajian materi secara bertahap, drills end practice
latihan untuk membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya,
permainan dan Simulasi (latihanuntukmengaplikaskan pengetahian dan keterampiln
yang baru dipelajari dari, dan basis data (sumber yang dapat membantu siswa
menambahh informasi dan penegtahuan sesuai dengan keinginan masing-masing )
Karakteristik media hasil teknologi yang berdasarkan
computer:
a)
Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara
linear.
b)
Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang.
c)
gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik.
d)
Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media
ini.
e)
Beroriatasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas
siswa yang tinggi
4.
Media
Hasil Gabungan Tenologi Cetak Dan Teknologi Computer.
Teknologi gabungan adalah cara unntukmenghasilkan dan
menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang
dikendalikan komputer. Komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti
jumlah random akses memori yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang
beresolusi tinggi ditambah dengan pararel(alat-alat tambahan), seperti: vidio
disk player, perangkat keras untuk bergabung dalam suatu jaringan dan sistem
audio.
a)
Dapat digunkan secara acak, sekuensial, linear.
b)
Dapat digunakan sesuai keinginan siswa, bukan saja
dengan direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya.
c)
Gagasan disajikan secara realistik sesuai dengan
pengalaman siswa, menurut apa yang relefan dengan siswa dan dibawah
pengendalian siswa.
d)
Prinsip ilmu kognitif dan konstruktifisme ditetapkan
dalampengembangan dan penggunaanpelajaran.
e)
Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif
sehingga pengetahuan dikuasai jika pengetahuan itu digunakan.
f)
Bahan-bahan pelajaran melibatkan interaktif siswa.
g)
Bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari
berbagai sumber
Selain pembagian itu ada lagi pembagian media pembelajaran menurut jenis, daya liput, dan bahannya.
Selain pembagian itu ada lagi pembagian media pembelajaran menurut jenis, daya liput, dan bahannya.
- Dilihat dari jenisnya, media terbagi menjadi:
a. Media auditif
Media yang hanya mengandalkan suara saja seperi
radio,kaset rekoorder, peringan hitam.media ini tidak cocok untuk orang tuli
atau mempunyai kelainan pendengaran
b. Media visual
Media yang hanya mengandalkan indera penglihatan.
Media ini ada yang menampilkan gambar diam seperti film strip, slides, foto,
gambar atau lukisan, dan cetakan. Ada
pula yang menampilkan gambar atau simbol yang bergerak seperti film bisu, dan
film kartun.
c. Media audio visual
Media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar.
Jenis media ini mempunya kemampuan yang lebih baik karena meliputi kedua jenis
media yang pertama dan kedua. Media ini dibagi dalam:
1.
Audio visual murni yaitu baik unsur suara maupun unsur
gambar derasal dari satu sumberseperti video kaset.
2.
Audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur
gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya filmbingkai suara yang
unsur gambarnya berasal dari slides proyektor dan unsur suaranya berasal dari
tape recorder.
- Dilihat dari daya liputnya, media terbagi menjadi:
a) Media dengan daya liput luas dan serentak.
Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan
ruang serta dapat menjangkaujumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang
sama.seperti radio dan televisi serta internet
b) Media dengan daya liput terbatas oleh ruang
dan tempat.
Media ini dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan
tempat yang khusus seperti film sound slides film rangkai, yang harus
menggunakan empat tertutupdan gelap.
c) Media untuk pembelajaran invidual.
Media ini penggunaannya hanya untuk seorang
diri.termasuk media ini adalah modul berprogram dan pengajaran melalui
komputer.
- Dilihat dari bahan-bahannya, media terbagi menjadi:
a) Media sederhana.
Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya
murah, cara pembuatannya mudah, danpenggunaannya tidak sulit.
b) Media kompleks.
Media ini adalah media yang bahan dasarnya kompleks
sulit didapat serta mahal harganya, sulit membuatnya, dan penggunaanya
memerlukan keterampilan yang memadai.
4. Kelebihan Dan Kelemahan Media Pembelajaran
Meskipun dalam penggunaannya jenis-jenis teknologi dan
media sangat dibutuhkan guru dan siswa dalam membantu kegiatan pembelajaran,
namun secar`umu terdapat beberapa kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya.
Diantara kelebihan media pembelajaran yaitu:
1. Teknologi Cetak
a) Berorientasi
atau berpusat pada siswa.
b) Informasi
dapat diatur atau ditata ulang oleh pemakai
2. Teknologi Audio-Visual
a) Menyajikan
visual yang dinamis
b) Digunakan
dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya oleh perancang
c) Merupakan
representasi fisik dari gagasan real atau abstrak
d) Dikembangkan
menurut prinsip psikologis behafiorisme dan kognitif
3. Teknologi Komputer
a) Dapat
digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara linear
b) Dapat
digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang
c) Gagasan
disajikan dalam gaya
abstrak dengan simbol dan grafik
4. Teknologi Gabungan
a) Dapat
digunakan secara acak, sekuensial, linear
b) Dapat
digunakan sesuai keinginan siswa
c) Gagasan
disajikan secara realistik sesuai dengan pengalaman siswa
d) Prinsip
ilmu kognitif dan konstruktifisme
e) Pembelajaran
ditata dan terpusat pada lingkup kognitif
f)
Bahan-bahan pelajaran melibatkan interaktif siswa
g) Bahan-bahan
pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber
Sedangkan kelemahan dari media pembelajaran adalah
sebagai berikut:
1. Teknologi Cetak
a) Teks
dibaca secara linear
b) Menampilkan
komunikasi secarasatu arah dan reseptif
c) Ditampilkan
secara statis atau diam
d) Pengembangannya
sangat tergantung kepada prinsip-prinsip pembahasan
2. Teknologi Audio-Visual
a) Bersifat
linear
b) Berorientasi
pada guru
3. Teknologi Komputer
a) Beroriatasi
pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
b) Biaya
yang mahal
c) Kompetensi
dari guru memerlukan keahlian tinggi dalam pengoperasiannya.
4. Teknologi Gabungan
a)
Biaya yang mahal
b)
Diperlukan sistem yang baik dalam penggabungannya
c)
Diperlukan keahlian khusus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar